Menggunakan Aplikasi Screen Time untuk Mengurangi Kecanduan Digital

Menggunakan Aplikasi Screen Time untuk Mengurangi Kecanduan Digital


inducation.blogspot.com - Menggunakan Aplikasi Screen Time untuk Mengurangi Kecanduan Digital

Dulu, istilah "Tech-Addict" dan "FOMO" bukan masalah bagi orang tua tidak seperti sekarang. Anak-anak selalu terhubung ke seluruh dunia melalui perangkat mobile dan gadget elektronik lainnya. Hal ini menjadi sangat menuntut orang tua untuk menjaga agar anak-anak mereka agar terlindungi dari efek dunia digital sambil memberi mereka fasilitas teknologi pada saat bersamaan. Untuk melindungi anak-anak dari kecanduan digital, orang tua perlu mengontrol anak-anak mereka dalam menggunakan screen untuk jangka waktu tertentu saja.

Menggunakan Aplikasi Screen Time untuk Mengurangi Kecanduan Digital
Menggunakan Aplikasi Screen Time untuk Mengurangi Kecanduan Digital

Bagaimana Remaja dapat Menjadi Kecanduan Layar?

Jika Anda merasa bahwa anak Anda menghabiskan sebagian besar waktunya yang berharga untuk menggunakan perangkat mobile mereka, Anda perlu mengevaluasi waktu dan aktivitas online layar mereka terlebih dahulu. Cari tahu aplikasi atau permainan apa yang menggoda anak Anda untuk tetap terpaku pada layar. Bila anak Anda menghabiskan waktu secara berlebihan untuk menjelajahi aktivitas digital tertentu, mereka secara bertahap akan kecanduan.

Beberapa contoh "bagaimana remaja menjadi kecanduan layar" diberikan sebagai berikut:

  • Video game dirancang dengan berbagai tingkatan. Remaja merasa tertantang untuk menyelesaikan misi menarik yang berbeda dalam permainan. Satu demi satu membuat anak-anak terhubung dengan gadget elektronik. Kecanduan video game tidak mudah diberantas, Karena itu, orang tua perlu memastikan anak mereka tidak mengabaikan kegiatan lain untuk bermain video game.
  • Akun jejaring sosial dengan beberapa fitur dan filter yang menggoda menarik perhatian remaja yang terpikat pada layar. Anak-anak terus-menerus tetap terlibat dalam media sosial saat mengobrol dengan teman mereka. Rasa takut kehilangan membuat anak-anak kecanduan layar.
  • Konten dewasa atau eksplisit menjadi sangat adiktif bagi remaja. Tanpa batasan atau pengawasan orang tua, anak-anak dapat mengeksplorasi apapun di web. Konten pornografi sama sekali tidak sehat untuk anak-anak muda.
Selama orang tua tidak menetapkan peraturan untuk membatasi waktu layar, ada risiko kecanduan digital yang sangat besar bagi remaja.


Bagaimana Aplikasi Screen Time membantu orang tua?




Anak Anda paling membutuhkan perhatian Anda. Buat peraturan untuk penggunaan teknologi mereka dan batasi penggunaan perangkat seluler mereka untuk jangka waktu yang tidak sehat. Buat aturan "No Screen" selama waktu makan dan waktu mengerjakan pekerjaan rumah. Tetapkan waktu keluarga dan nikmati bersama orang tua Anda sambil membiarkan semua layar dimatikan.



Selain menerapkan aturan dasar di rumah, unduh aplikasi screen time seperti FamiliyTime agar mereka tetap terlindungi dari kecanduan digital. Dengan aplikasi FamilyTime, orang tua dapat:

  • Menjadwalkan kunci layar otomatis di perangkat anak
  • Kunci gadget anak saat mereka mengerjakan pekerjaan rumah
  • FamilyTime juga menawarkan beberapa fitur pemantauan.

Download FamilyTime Apps

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggunakan Aplikasi Screen Time untuk Mengurangi Kecanduan Digital"

Post a Comment